Jurnal Ilmiah Betrik : Besemah Teknologi Informasi dan Komputer
Vol 9 No 03 (2018): JURNAL ILMIAH BETRIK : Besemah Teknologi Informasi dan Komputer

Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam )

Siti Aminah (Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2018

Abstract

Tujuan dari pemelitian ini adalah menerapkan model ADDIE pada multimedia pembelajaran yang berbentuk game. Berlatar belakang dari usaha untuk meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif dari semua sektor, menuntut manusia untuk mempunyai kemampuan yang berkualitas, baik dari sumber daya manusia (SDM), ilmu pengetahuan dan teknologi agar manusia mampu bertahan dalam perkembangan zaman yang semakin canggih. Salah satu sarana yang harus dikuasai dalam menghadapi era globalisasi tersebut adalah kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, sehingga Bahasa Inggris sangat ditekankan penguasaannya di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan merancang serta membangun education game multimedia pembelajaran Bahasa Inggris pada SMP Negeri 8 Pagaralam. Dalam penelitian ini, model yang diimplementasikan adalah ADDIE, dengan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, penembangan, implementasi dan evaluasi. Pada SMPN 8 Pagar Alam, penelitian ini juga digunakan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Aplikasi Education game diharapkan dapat membantu guru memberikan materi kepada siswa dengan cara belajar sambil bermain untuk meningkatkan belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris. Aplikasi ini dibangun dengan konsep multimedia yang ini sangat efektif dan dapat digunakan sebagai alat bantu yang berisi materi dan soal latihan Bahasa Inggris untuk siswa didalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

betrik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Besemah Informatika dan Teknologi Komputer (BETRIK) adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Layanan (LPPM), Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam (STTP). Karya ilmiah ini diterbitkan sebanyak 6 manuskrip, dengan topik yang berkaitan dengan masalah Teknologi Informasi dan ...