CEMARA
Vol 5 No 1 (2008): JURNAL PERTANIAN CEMARA (CENDEKIAWAN MADURA)

ANALISIS FUNGSI KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI EKONOMI RELATIF PADA USAHATANI PADI SAWAH TADAH HUJAN (Studi Kasus di Wilayah Prima Tani, Ds. Bunbarat, Kec. Rubaru, Kab. Sumenep)

Zasli Purwanto (Fakultas Pertanian Universitas Wiraraja Sumenep)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana tingkat efisiensi usahatani padi sawah tadah hujan di wilayah Prima Tani dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan fungsi keuntungan Unit Output Price Cobb-Douglas yang diturunkan dari fungsi produksi Cobb-Douglas diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata pendapatan per ha dari usahatani padi sawah tadah hujan petani berlahan sempit lebih tinggi daripada petani berlahan luas. Faktor-faktor yang berpengaruh positif nyata terhadap pendapatan usahatani padi sawah tadah hujan adalah harga SP 36 dan luas lahan, sedangkan yang berpengaruh negatif nyata terhadap pendapatan adalah harga benih, harga urea, dan upah tenaga kerja luar keluarga. Usahatani padi sawah tadah hujan yang dilakukan di lahan sempit lebih efisien daripada yang dilakukan di lahan luas baik secara teknik, harga, dan ekonomi.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

FP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Cemara (Cendekiawan Madura) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Nopember Berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori dalam bidang pertanian. ...