Penelitan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis: 1) tingkat disiplin dan hasil belajar PAI, 2) kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar, Metode penelitianadalah survei kuantitatif menggunakan analisis korelasi dan regresi. Populasi berjumlah180 orang. Metode pengambilan sampel secara acak sederhana dan proporsional.Sampel sebanyak 72 orang siswa. Data variabel disiplin belajar diperoleh melalui angket, data hasil belajar menggunakan dokumen hasil ulangan harian. Uji validitas instrumen menggunakan perhitungan product moment. Uji reliabilitas instrumenmenggunakan perhitungan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, tingkat hasil belajar 83,58% termasuk dalam kategori sangat baik; sedangkantingkat disiplin belajar 86,22% termasuk dalam kategori sangat baik; . Kedua, terdapatkontribusi positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar, kontribusinyasebesar 24%. Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan melalui peningkatan disiplin belajar
Copyrights © 2018