Jurnal Kedokteran
Vol 6 No 4 (2017)

Efek Rasio Kolesterol Total/Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) terhadap Nilai Ankle Brachial Index (ABI) pada Populasi dengan Risiko Penyakit Arteri Perifer (PAP)

Khusnulzan, Nita (Unknown)
Nurhidayati, Nurhidayati (Unknown)
Pintaningrum, Yusra (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2018

Abstract

Latar Belakang: Prediktor utama terjadinya penyakit kardiovaskular ialah penyakit arteri perifer (PAP) yang patogenesis utamanya adalah aterosklerosis. Beberapa penelitian menelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara rasio kolesterol total/kolesterol high density lipoprotein (HDL) dan PAP. Ankle brachial index (ABI) merupakan rasio antara tekanan darah sistolik pada tungkai bawah dengan lengan atas dan merupakan tes skrining non invasif untuk mendeteksi terjadinya PAP.Tujuan: Untuk mengetahui hubungan rasio kolesterol total/HDL terhadap nilai ABI pada populasi dengan faktor risiko PAP.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan metode cross sectional. Pengambilan data penelitian dilakukan di RSUD Provinsi NTB, RS Harapan Keluarga, dan RS Risa Sentra Medika. Kadar kolseterol total dan HDL didapatkan melaui hasil pemeriksaan laboratorium.Hasil: Total responden adalah 92, 17,4% memiliki nilai kolesterol total abnormal, 44,6% HDL abnormal dan 51,1% rasio kolesterol total/HDL abnormal. Hasil uji chi-square kolesterol total, HDL, dan rasio kolesterol total/HDL dengan nilai ABI (p=0,525), (p=0,397), (p=0,278). Hasil uji Rasio Odds kolesterol total, HDL, dan rasio kolesterol total/HDL dengan nilai ABI (RO=1,465), (RO=1,505), (RO=1,697).Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar kolesterol total, HDL, dan rasio kolesterol total/HDL terhadap nilai ABI karena sebagian besar responden merupakan penderita dislipidemia yang telah mengonsumsi obat anti-dislipidemia dan abnormalitas nilai ABI dipengaruhi oleh banyak faktor risiko. Individu dengan kadar kolesterol total, kolesterol HDL, dan rasio kolesterol total/HDL abnormal mempunyai risiko 1,465, 1,505, dan 1,697 kali untuk memiliki nilai ABI abnormal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

The Unram Medical Journal managed by the Medical Faculty of Mataram University is a scientific journal to publish the results of the latest research in the field of medical and health related. This journal promote medical sciences generated from basic sciences, clinical, and community research to ...