Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menemukan media pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan di MI Plus kota Tangerang Asy-Syukriyyah dengan 14 siswa dari kelas 1 B sebagai subjek penelitian. Alasan untuk subjek yang dipilih adalah karena kelas yang unik dan memerlukan penanganan khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk metode penelitiannya mengikuti aliran penelitian secara bertahap progresif dari Spradley. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan analisis data terdiri dari: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan tema analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran BCCT berdasarkan multiple Intelligence di MI Plus Asy-Syukriyyah membangun tujuh kecerdasan, antara lain: kecerdasan linguistik, logika-matematic, spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan natural.
Copyrights © 2018