Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis
Vol 1 No 2 (2019): Juli 2019

PENGARUH PEMAHAMAN PAJAK, PELAYANAN APARAT PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN DAN PREFERENSI RISIKO PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK( STUDI KASUS UMKM TOKO ELEKTRONIK DI KECAMATAN SITIUNG DHARMASRAYA)

Desi Permata Sari (Universitas Putra Indonesia “YPTK”)
Ramdani Bayu Putra (Universitas Putra Indonesia “YPTK”)
Hasmaynelis Fitri (Universitas Putra Indonesia “YPTK”)
Agung Ramadhanu (Universitas Putra Indonesia “YPTK”)
Fadila Cahyani Putri (Universitas Putra Indonesia “YPTK”)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemahaman pajak, pelayanan aparat pajak, sanksi perpajakan dan preferensi risiko perpajakan terhdap kepatuhan wajib pajak. Data yang digunakan adalah data primer berupa penyebaran koesioner pada UMKM Elektronik yang ada di Kecamatan Sitiung Dharmasraya pada tahun 2019. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan pelayanan aparat pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan sanksi perpajakan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan preferensi risiko perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan pemahaman perpajakan, pelayanan aparat pajak, sanksi perpajakan, preferensi risiko perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jteksis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas untuk berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap perkembangan teknologi komputer, baik dalam pengertian luas maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu yang ...