Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer

IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DALAM PENGOLAHAN PETA TEMATIK DAERAH RAWAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH (STUDI KASUS: KOTA PONTIANAK)

,Dedi Triyanto, Purnama ,Cucu Suhery (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2013

Abstract

Sistem Inferensi Logika Fuzzy merupakan sebuah sistem yang digunakan dalampengambilan keputusan dari sejumlah data yang memiliki ketidakpastian fuzzy antaralain dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Dalam penelitian ini sistem Logika Fuzzydigunakan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan suatu daerah rawan DemamBerdarah Dengue (DBD) di Kota Pontianak yang digambarkan dalam bentuk petatematik. Faktor-faktor penentu kerawanan yang digunakan adalah suhu udara, curahhujan, kelembaban udara, kepadatan penduduk, jumlah sarana kesehatan dan frekuensiDBD. Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah metode Sugeno. Data yangdigunakan pada penelitian ini sebanyak 72 data. Hasil penelitian ini berupa peta tematikpenyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pontianak. Secara umum padapeta dapat dilihat bahwa Kota Pontianak dikategorikan daerah tidak rawan DBD dengannilai kerawanan rata-rata sebesar 0,1357. Namun pada bulan Oktober terdapat daerahyang dikategorikan sangat rawan Demam Berdarah Dengue (DBD) yaitu KecamatanPontianak Kota dengan nilai kerawanan sebesar 0,9037 sedangkan Kecamatan yangdikategorikan daerah rawan DBD adalah Kecamatan Pontianak Utara yaitu pada bulanOktober dan November dengan nilai kerawanan sebesar 0,5610.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...