Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 1, No 1 (2013)

Penerapan langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegipanjang

Marlina, Leni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2013

Abstract

ABSTRACT :The purpose of this research is to describe the implementation of Polya phase that can improve student learning outcomes in solving word problems about rectangular in VII A SMP Negeri 19 Palu. This type of research is a classroom action research. Plan of this research is based of  Kemmis and Mc. Taggart. Based on the result of the research learning to use Polya phase can increase the student’s learning outcomes to solving the word problem about rectangular in VII A SMP Negeri 19 Palu, those are: 1) understanding the proble; 2) devising plan, 3) carrying out the plan;and 4) looking back at a complete solution. Key words : Polya Phase; Learning Outcomes; Word Problem; Rectangular. ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkah Polya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi keliling dan luas persegipanjang di kelas VII A SMP Negeri 19 Palu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembelajaran yang menggunakan langkah Polya dalam penyelesaian soal cerita di kelas VII A SMP Negeri 19 Palu, yaitu: 1) memahami masalah; 2) membuat perencanaan; 3) melaksanakan rencana; dan 4) melihat kembali pada solusi yang lengkap.   Kata Kunci : Langkah Polya; Hasil Belajar; Soal Cerita; Persegipanjang

Copyrights © 2013