Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 1, No 1 (2013)

Hubungan Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Kalkulus II Ditinjau dari Aspek Metakognisi, Motivasi dan Perilaku

Hidayat, Akhmad Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri berdasar­kan tiga aspek penyusunnya yaitu metakognisi, motivasi dan perilaku dengan prestasi belajar Kalkulus II. Sampel penelitian ini ialah mahasiswa angkatan 2012 yang memprogramkan mata kuliah Kalkulus II sejumlah 59 orang. Data diperoleh menggunakan skala metakognisi, skala motivasi dan skala perilaku serta dokumentasi nilai akhir mata kuliah Kalkulus II. Data di­analisis menggunakan analisis korelasi. Hasil analisis data menunjuk­kan: (1) terdapat hubung­an yang positif dan signifikan antara metakognisi dengan prestasi belajar Kalkulus II (r = 0,743;  = 0,05); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar Kalkulus II (r = 0,791;  = 0,05); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku dengan prestasi belajar Kalkulus II (r = 0,895;  = 0,05); (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metakognisi, motivasi dan perilaku secara simultan dengan prestasi belajar Kalkulus II (R = 0,778;  = 0,05). Jadi, regulasi diri yang ditinjau dari aspek metakognisi, motivasi dan perilaku memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pencapaian prestasi belajar seseorang, khususnya pada mata kuliah Kalkulus II. Kata kunci: Regulasi Diri; Metakognisi; Motivasi; Perilaku; Prestasi Belajar. Abstract: This research aimed to analyze the relationship between self regulation according to three its compiler aspect, that are metacognition, motivate and behavioral  with learn achievement of 2nd calculus. The samples in this research are students of mathematic’s program study year 2012nd that programming subject of 2nd calculus with 59 students. The Data obtained from metacognition’s scale, motivate’s scale, behavioral’s scale and documentation final assess of 2nd calculus lesson. The data were analyzed by analysis correlation. Result show that: (1) there is very significantly positive correlation between metacognition and learn achievement of 2nd calculus (r = 0,743; = 0,05); (2) there is very significantly positive correlation between motivate and learn achievement of 2nd calculus (r = 0,791; = 0,05); (3) there is very significantly positive correlation between behavioral and learn achievement of 2nd calculus (r = 0,895; = 0,05); (4) there is very significantly positive correlation between metacognition, motivate and behavioral by simultan with learn achievement of 2nd calculus (R = 0,778; = 0,05). The conclusion that, self regulation according to metacognition, motivate and behavioral owning significantly correlation with somebody learn achievement, specially for 2nd calculus subject. Key words: Self regulation; Metacognition; Motivate; Behavioral; Learn Achievement.

Copyrights © 2013