SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
Vol 1, No 1 (2019)

Cognitive Behavioral Therapy untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademis pada Siswa SMA Korban Bullying Relasional

Utomo, Kurniawan Dwi Madyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Fenomena bullying relasional di sekolah bukan sesuatu yang baru. Bullying relasional adalah bentuk intimidasi untuk menyakiti orang lain dan merusak reputasinya, melalui gossip, penyeberan rumor, dan pengucilan dari kelompok. Murid perempuan lebih sering menjadi korban bullying ini daripada murid laki-laki. Bullying relasional menurunkan self-efficacy akademis siswa, yang akhirnya menurunkan pencapaian akademisnya. Self-efficacy akademis adalah keyakinan individu akan kemampuannya untuk mengerjakan tugas akademis yang ditentukan. Siswa yang mempunyai self-efficacy akademis rendah tidak mempunyai motivasi tinggi untuk belajar dan tidak mampu mengerjakan tugas-tugas sekolah. Konselor sekolah mempunyai tanggung jawab untuk melakukan intervensi terhadap siswa yang menjadi korban bullying ini. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) digunakan untuk mengurangi dampak bullying relasional dan meningkatkan self-efficacy akademis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

solution

Publisher

Subject

Education

Description

SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini ...