WIDYA TEKNIKA
Vol 20, No 1: Maret 2012

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX (Studi Kasus pada PT. Batik Danar Hadi)

-, Silviana ( Teknik Industri-Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2012

Abstract

PT. Batik Danar Hadi  merupakan  perusahaan batik yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang,Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Batam. Bahkan perusahaan ini sudah mengekspor produk-produknya ke luar negeri. Produk yang dihasilkan PT. Batik Danar Hadi adalah bermacam-macam produk yang berbahan dasar batik. Karena semakin banyak perusahaan batik yang tersebar di Indonesia, maka persaingan dalam menjalankan usaha tidak dapat dihindari lagi. Maka untuk mempertahankan kelangsungan  hidup  perusahaan, khususnya dalam menjalankan kegiatan usaha untuk memperoleh profit, PT. Batik Danar Hadi berusaha meningkatkan dan mengatur strategi dalam kegiatan pemasaran dalam rangka meningkatkan penjualan produknya. Seperti yang diungkapkan oleh (Indriyo Gito Sudarmo, 1994:24) bahwa strategi pemasaran merupakan  strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh seorang pengusaha, sehingga tinggi rendahnya penjualan ditentukan oleh baik buruknya strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan organisasinya. PT. Batik Danar Hadi dalam pelaksanaan pemasarannya menggunakan strategi  marketing mix (bauran pemasaran) yaitu  memperhatikan dan menjaga  perpaduan  antara produk, harga, promosi dan distribusi. Kata Kunci: strategi pemasaran, marketing mix, segmen pasar

Copyrights © 2012