WIDYA TEKNIKA
Vol 19, No 2: OKTOBER 2011

PENERAPAN MARKETING MIX PADA MINUMAN RINGAN

Silviana, - ( Jurusan Teknik Industri - Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2013

Abstract

Coca-Cola adalah salah satu perusahan soft drink yang terbesar di dunia. Perusahaan ini menjalankan bisnis yang tak lain adalah menghadirkan saat-saat menyegarkan yang unik dan memuaskan konsumen yang berupa air minum. Banyak produk yang sudah dihasilkan di antaranya yaitu Coca-Cola, Fanta dan Sprite, juga memroduksi jenis minuman Mineral Water dengan label Bonaqa serta jenis minuman Tea in Bottle dengan label Hi-C Tea, dan masih banyak produk lainya yang mengikuti selera konsumen. Marketing Mix (Bauran pemasaran) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu Produk, Harga, Promosi dan Saluran Distribusi. Dalam penelitian ini Penetapan Harga Coca-Cola menggunakan Cost-Plus Pricing Methode yaitu penjual/produsen menetapkan harga jual untuk Satu unit barang = jumlah biaya per unit + suatu jumlah untuk menutup laba yang diinginkan (Marjin) pada unit tersebut. Hal itu disebabkan oleh produksi yang terus-menerus untuk memenuhi keinginan konsumen. Untuk Saluran Distribusinya, Coca-cola menggunakan Stock man, yang bertugas menentukan jumlah persediaan bagi para dister/langganan yang dilayaninya dengan usaha-usaha merchandising. Merchandising adalah kegiatan salesman untuk membantu dister menjual lebih banyak produk perusahaan (Producer - Distributor - Wholeseller - Sub-Wholeseller - Dister - Comsumer). Kegiatan promosi yang dilakukan PT Tirta Cola Bottling Company antara lain Billboard, Custom sign, Iklan sign.

Copyrights © 2011