Pixel : Jurnal Ilmiah Komputer Grafis
Vol 9, No 1 (2016)

PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI PURWODADI

Sodik, Muhamad (Unknown)
Nugroho, Sarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2016

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwodadi adalah lembaga pendidikan formal yang terletak di Jl. P. Diponegoro No. 22, arah Jalan Purwodadi ? Solo. MAN Purwodadi sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Menengah di Purwodadi memiliki peran yang penting di masa yang akan datang, dalam rangka meningkatkan kecerdasan bangsa sekaligus mempersiapkan siswa yang beriman dan bertaqwa serta memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang merupakan ciri khas ke-Islamannya. Beberapa instansi termasuk instansi pendidikan dalam upaya peningkatan citra baik dari segi promosi maupun informasi sekarang ini, sudah mulai menggunakan media website yang dapat cepat diakses secara luas sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. MAN Purwodadi dalam upaya promosi dan informasi sekarang ini masih menggunakan cara menjelaskan secara manual yang tentunya akan memakan waktu dan tenaga serta masih menggunakan media cetak yang mempunyai keterbatasan jangkauan dan membutuhkan biaya yang lebih untuk tiap kali cetak setiap tahunnya. MAN Purwodadi sampai saat ini belum memiliki media alternatif baru berupa website yang mengikuti perkembangan zaman yang bila tidak ditindaklanjuti tentu akan menjadi kalah saing dalam hal promosi dan informasi. Maka dari itu, diperlukan adanya media alternatif baru yang efektif dan efisien serta berkelanjutan yang selain dapat meningkatkan nilai positif bagi MAN Purwodadi, juga dapat menunjang dan menutupi kelemahan media promosi dan informasi yang telah digunakan sebelumnya. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 30 responden pada peserta didik yang potensial dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Dari analisis tersebut diperoleh skor tingkat informasi produk sebesar 390 atau sebesar 32,5 %; tingkat efektif produk sebesar 222 atau sebesar 18,5 %; dan tingkat efisien produk sebesar 399 atau sebesar 33,25 % . Dari indikator skor yang ada, jika dijumlahkan hasilnya akan menunjukan sampai dimana tingkat kelayakan website sebagai media promosi dan informasi MAN Purwodadi. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi Pada MAN Purwodadi dianggap ?Sangat Efektif?. Hal ini berdasarkan perhitungan skala yang menyatakan bahwa jika seluruh nilai dari indikator dijumlahkan menghasilkan total nilai 1011 dimana nilai tersebut berada diantara 976 ? 1200 yang menyatakan ?Sangat Efektif?. Kata Kunci             : Website, Media, Promosi, Informasi, MAN Purwodadi

Copyrights © 2016