Pixel : Jurnal Ilmiah Komputer Grafis
Vol 12, No 1 (2019)

Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang

Kusumo, Fajar (Unknown)
sulartopo, sulartopo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Citra Meubel yang dahulu bernama ?Mukti Jaya? lalu berganti nama dipertengahan tahun 2013 merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalambidang perdagangan furniture, dari proses produksi hingga jual dan beli, yangbertempat di Semarang, tepatnya di Jl. Gajah No. 188 Ruko No. 9 Semarang JawaTengah, berdiri pada 22 November 1998. Promosi yang sedang berjalan saat iniadalah menggunakan brosur, spanduk MMT, melalui radio, memuat iklan di forumjual beli dan pameran. Akan tetapi dengan media promosi yang diatas promosi kurangefektif karena brosur, spanduk, pameran memiliki sifat direct marketing yangjangkauanya kurang luas dan kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati danmemahaminya, iklan di radio yang memiliki batas waktu, serta terkendala dalampresentasi ke customer karena media promosi yang kurang spesifik memperkenalkanproduk. Berdasarkan kelemahan diatas, video company profile digunakan untukmelengkapi brosur, spanduk MMT, iklan radio, dan forum jual beli.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa peneliti telah berhasilmengimplementasikan media company profile yang dapat melengkapi promosi yangsudah berjalan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validasi yang telah dilakukan olehpakar ahli bahwa secara keseluruhan, company profile yang telah dikembangkan olehpeneliti masuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase 90,8 %. Selain itu,melalui uji lapangan yang diwakili 30 responden dapat disimpulkan bahwa secarakeseluruhan, media ini telah dikembangkan oleh peneliti masuk kedalam kategorisangat baik dengan persentase 84,6 %.Kata Kunci : Company profile, promosi, informasi, Toko Citra MeubelSemarang

Copyrights © 2019