Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 6 No 2 (2018): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Karmila Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dengan subjek penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 20 perempuan pada kelas IV SDN Telaga Kecamatan Telaga Hulawa, Kota Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Telaga Kecamatan Telaga Hulawa, Kota Gorontalo. Fokus penelitian adalah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas IV SDN Telaga Kecamatan Telaga Hulawa, Kota Gorontalo. Dimana siklus I berada pada kategori sedang sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Selain itu aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Dengan demikian Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Telaga Kecamatan Telaga Hulawa, Kota Gorontalo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tjmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, ...