Jurnal Prima Edukasia
Vol 4, No 2: July 2016

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN METEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA KELAS V SD TIMURAN

Novi Kristiani (SD Negeri Timuran Yogyakarta)
Zuhdan Kun Prasetyo (Department of Physics Education, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran melalui penggunaan media benda konkret pada siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus, yang setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: observasi perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Timuran Yogyakarta yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan angket. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari (1) nilai rata-rata kelas minimal 75, (2) minimal 75% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75, dan (3) minimal 75% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian, di antaranya: (1) hasil tes menunjukkan peningkatkan nilai rata-rata kelas (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah meningkat, dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dalam kategori baik.Kata Kunci: keefektifan, pembelajaran matematika, media benda konkret. IMPROVING THE EFFECTIVENESS OF TEACHING MATHEMATICS THROUGH THE CONCRETE MEDIUM TO FITH GRADE STUDENT OF SD TIMURAN AbstractThe aims of this research are to improve the instruction effectiveness through the use of concrete media to the fith grade students of SD Timuran. This research is a classroom action research study consisting of two cycles, each of which follows the stages in Kemmis and Taggart model including: planning, action and observation, and reflection. The subjects of this research were 11 male student and 14 female students of SD Timuran Yogyakarta. The data were collected through observation, test, and questionnaires. The criteria of success were (1) the minimal average class score was 75, (2) a minimum of 75% students exceeded the minimum achievement criterion, and (3) a minimum of 75 % student gave a good response to the teaching. The results show that the use of the concrete media can improve the instruction  effectiveness. It proves that the criteria  of this research can be achieved, including: (1) the average of the test results increases, (2) the percentage of the students who exceed the minimum achievement criterion increases, and (3) the students’ responses to mathematics teaching using concrete media are in a good category.Keywords: effectivenes, mathematics teaching, concrete media

Copyrights © 2016