SCAN
Vol 14, No 1 (2019)

PENGUKURAN KINERJA DIVISI TEKNOLOGI INFORMASI PT. HANEDA SUKSES MANDIRI MENGGUNAKAN IT BALANCED SCORECARD

Muttaqin, Faisal (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Aditiawan, Firza Prima (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Akbar, Fawwaz Ali (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Iriansah, Ogy Rachmad (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2019

Abstract

Abstrak. Dalam era globalisasi ini menyadari akan perkembangan dunia teknologi informasi semakin pesat dari waktu ke waktu, teknologi informasi telah memberi dampak perubahan bagi organisasi dan cara pandang kinerja yang diharapkan. Perlu adanya pengukuran kinerja teknologi informasi guna menilai sejauh mana kinerja divisi TI PT. Haneda Sukses Mandiri apakah berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan Teknologi Informasi. IT Balanced Scorecard merupakan suatu metode analisa dengan empat perspektif yaitu Perspektif Kontribusi Perusahaan, perspektif Orientasi Pengguna, Perspektif Penyempurnaan Operasional, dan Perspektif Masa Depan yang dapat membantu mengevaluasi kinerja teknologi informasi. Dengan menentukan strategi untuk divisi TI, menentukan KPI, dan memberikan kuisioner maka akan didapat nilai kinerja dari divisi TI. PT. Haneda Sukses Mandiri telah memperoleh penilaian kinerja menggunakan IT Balanced ScoreCard. Dengan rata – rata yang dihasilkan dari empat perspektif yaitu Perspektif Kontribusi Perusahaan, Perspektif Orientasi Pengguna, Perspektif Penyempurnaan Operasional dan Perspektif Orientasi Masa Depan adalah 70,60%. Dimana masuk kedalam kriteria cukup baik karena nilai prosentasenya tidak terlalu tinggi namun nilai yang didapat lebih dari 50%.  Kata Kunci: Divisi TI, IT Balanced Scorecard, KPI, Pengukuran Kinerja Teknologi Informasi DOI : https://doi.org/10.33005/scan.v14i1.1449

Copyrights © 2019