Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi

IMPLEMENTASI METODE ADDITIVE RATIO ASSESMENT (ARAS) UNTUK REKOMENDASI PASIEN KUNJUNGAN SEHAT PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DR JOSEPB NUGROHO H. S.

, Rahmi Hidayati, David Simarmata , Dwi Marisa Midyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dr. Josepb Nugroho H.S telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sejak tahun 2014. FKTP dr. Josepb Nugroho H.S perlu melakukan kunjungan sehat untuk meningkatkan nilai Angka Kontak pada Sistem Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan. FKTP dr. Josepb Nugroho H.S mengalami kesulitan dalam menentukan pasien yang akan dikunjungi, dikarenakan banyaknya jumlah peserta BPJS yang terdaftar di FKTP dr. Josepb Nugroho H.S. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang mampu memberikan rekomendasi pasien kunjungan sehat berdasarkan data-data yang dimiliki Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dr.Josepb Nugroho H.S dengan menggunakan metode Addative Ratio Assassment (ARAS). Metode ARAS adalah salah satu Metode Multicriteria Decision Making (MCDM) yang dikembangkan oleh Zavadskas pada tahun 2010. Hasil penelitian ini berupa sistem rekomendasi pasien kunjungan sehat berdasarkan perhitungan metode ARAS dan diranking dari nilai preferensi terbesar hingga nilai terkecil. Hasil berdasarkan data bulan Juni 2019 ada 1674 alternatif pasien yang direkomendasikan, dengan pasien bernama Aswar Fahmi sebagai prioritas pertama karena memiliki nilai preferensi tertinggi yaitu 1.Kata kunci: ARAS, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Angka Kontak, Kunjungan Sehat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...