Proses seleksi penerimaan siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Bumi Khatulistiwa masih dilaksanakan secara manual. Mulai dari pengelompokan data, proses perhitungan nilai, hingga pengurutan rangking yang berdasarkan nilai hasil tes. Nilai hasil tes yang digunakan ialah nilai tes akademis, psikologis, samapta, kesehatan dan wawancara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem seleksi penerima siswa baru SMA Taruna Bumi Khatulistiwa menggunakan metode the Distance to the Ideal Alternative (DIA). Metode DIA adalah metode pendukung keputusan yang dapat menentukan urutan rangking dari banyak kriteria. Keluaran sistem berupa urutan rangking beserta status kelulusan calon siswa yang di urutkan dari nilai terendah hingga tertinggi. Rangking pertama pada setiap kelompok calon siswa, memiliki nilai preferensi sebesar 0, sedangkan rangking terakhir pada setiap kelompok calon siswa, memiliki nilai preferensi sebesar 0,0746736924315 pada kelompok laki-laki IPA, 0,0919113960403 pada kelompok laki-laki IPS, 0,0622361370010 pada kelompok perempuan IPA, dan 0,0671530938931 pada kelompok perempuan IPS. Status kelulusan keluaran sistem pada setiap kelompok calon siswa, memiliki kesamaan dengan status kelulusan pada data penelitian. Kesamaan status kelulusan tersebut, menunjukkan bahwa sistem seleksi penerimaan siswa baru yang dibangun, dapat secara tepat dalam memberikan rekomendasi nama-nama calon siswa terpilih sesuai kebutuhan SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Kata kunci: Sistem Seleksi, Penerimaan Siswa Baru, Metode DIA.
Copyrights © 2019