Ethos
Vol 5 No.2 (Juni, 2017) Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi)

PENERAPAN OPEN EDUCATION PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU TARUNA INSANI BOARDING SCHOOL

Theresiawati Theresiawati (Teknik Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Henki Bayu Seta (Teknik Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Jayanta Jayanta (Teknik Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2017

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi oleh pondok pesantren Taruna Insani adalah bagaimana cara yang harus dilakukan agar proses belajar mengajar tetap dapat dilakukan saat peserta didik kembali ke pihak keluarga sebulan sekali. Bagaimana SMPIT Taruna Insani dapat memfasilitasi pengajar dan murid untuk dapat bertukar atau berbagi file yang berhubungan dengan materi sekolah atau kegiatan sekolah, berdiskusi melalui forum diskusi,  melakukan ujian atau ulangan harian dan peserta didik melakukan unggah tugas serta pengajar melakukan penilaian langsung melalui e-learning. Tujuan pengabdian masyarakat meningkatkan kemampuan peserta didik dan pengajar untuk berperan aktif dalam memahami materi pembelajaran, meningkatkan kualitas dari materi pelajaran, memberikan kemudahan pengajar untuk dapat melakukan monitoring pembelajaran seperti manajemen konten materi lebih menarik, pemberian tugas dan penilaian tugas peserta didik secara langsung melalui pembelajaran berbasis web (e-learning) sehingga proses pembelajaran tersebut akan paper less karena tugas tidak lagi dilakukan dengan mencetak tugas. Metode yang digunakan analisis situasi, identifikasi solusi, penyusunan rencana kegiatan, sosialisasi, pelatihan unttuk para pengajar dan peserta ajar. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ethos

Publisher

Subject

Education

Description

Academic journals that adhere to the highest standards of peer review. The journal is centered in the research and dedication in the science and technology field. The character of the journal are open and contribute to the results of research and dedication and represent of guiding belief in ...