Ethos
Vol 4 No.1 (Januari, 2016) Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian (Sains & Teknologi)

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN COUNTING ON

Dewi Tri Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan Counting On siswa kelas II SD. Untuk mengukur proses berpikir siswa, peneliti merumuskan “bagaimanakah proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan Counting On”. Proses berpikir siswa diamati dengan mencermati (mengkaji) hasil kerja siswa dalam menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. Selanjutnya akan dicermati tahap-tahap proses berpikir siswa serta bantuan apa saja yang diperlukan siswa tersebut untuk sampai pada kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II SD. Dalam penelitian ini, seorang siswa akan menyelesaikan masalah operasi hitung (instrument lembar tugas) dan mengungkapkan pikirannya dengan keras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses berpikir terjadi cukup baik. Hal ini disebabkan karena berfungsinya komponen asimilasi, akomodasi dan equilibrasi yang baik pula. Asimilasi dan Akomodasi yang terjadi berfungsi sebagaimana mestinya dan memproses stimulus yang ada dengan benar. Konsep-konsep yang tersimpan dalam memori jangka panjang subjek yang dibutuhkan dalam pemecahan masalah juga cukup banyak dan baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ethos

Publisher

Subject

Education

Description

Academic journals that adhere to the highest standards of peer review. The journal is centered in the research and dedication in the science and technology field. The character of the journal are open and contribute to the results of research and dedication and represent of guiding belief in ...