Tujuan penelitian ini adalah “Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV di SD Negeri 1 Karangan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini pada kelas IV. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil output uji MANOVA menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root yaitu 0,00. Hasil uji MANOVA lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga keputusannya H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV di SDN 1 Karangan”
Copyrights © 2019