Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

Pemahaman Nilai Phi (Π) terhadap Rumus Keliling Lingkaran pada Mahasiswa PGSD 2018 Unirow Tuban

Saeful Mizan (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Sebagai calon pendidik, khususnya mahasiswa Unirow Tuban diharapkan memiliki kompetesi yang memadai. Kompetensi yang dimaksud adalah terutama pengusaan materi pembelajaran matematika yang akan diajarkan kepada siswa sekolah dasar. Salah satu materi yang sering dianggap mudah namun kenyataannya banyak pendidik bahkan mahasiswa juga kesulitan dalam mengajar adalah memahamkan nilai phi (π) dalam rumus keliling lingkaran. Hasil wawancara dengan salah mahasiswa angkatan 2018 mengemukakan bahwa mahasiwa tersebut tidak tahu asal nilai phi (π) pada rumus keliling lingkaran, yang diingat mahasiswa ketika pembelajaran materi lingkaran terkadang dimulai dengan memberikan rumus keliling lingkaran, kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan contoh soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap bilangan phi (π) pada rumus keliling lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 70 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan random sampling sejumlah 75 mahasiswa. Guna mengukur kemampuan mahasiswa dilakukan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD Unirow Tuban 2018 mememiliki pemahaman yang tergolong masih sangat rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh 58,7 dalam kategori kurang baik dengan konversi nilai D. Sebagian besar mahasiswa kesulitan dalam memahami, tertutama pada soal Poin C dan poin D yang terkait dengan asal mula nilai phi (π) dan bagaimana mencari nilai phi (π) itu sendiri. Jika diprosentasekan pada soal C, mahasiswa mampu menjawab makna nilai phi (π) sebanyak 18,66 % (14) mahasiswa. Sedangkan pada soal D, mahasiswa mampu menjawab cara menemukan nilai phi (π) sebanyak 16 % (12) mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...