Prosiding Semnastek
PROSIDING SEMNASTEK 2018

ANALISIS PENGGUNAAN INBOUND MARKETING DI UMKM FASHION KELURAHAN PENGGILINGAN

Retnani Latifah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Rully Mujiastuti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Hendra Hendra (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Inbound marketing merupakan teknik marketing yang berfokus pada bagaimana menarik pelanggan dengan memanfaatkan content marketing, blogs, search engine optimization, social media marketing dan branding. Dari hasil kuesioner terhadap 38 pelaku UMKM fashion di Kelurahan Penggilingan, diketahui bahwa baru sebanyak 47.4% pelaku UMKM yang sudah menggunakan teknologi dalam pemasaran dan baru 39.5% yang memanfaatkan inbound marketing berupa website, blog dan/atau media sosial untuk pemasaran. Meski demikian, dari hasil penelitian, terlihat bahwa ada keterhubungan yang sangat kuat antara penggunaan inbound marketing dengan penambahan jumlah konsumen. Nilai korelasi yang dihitung menggunakan Pearson Correlation menunjukkan angka sebesar 0.942, yang berarti bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat diantara keduanya. Pelaku UMKM fashion Kelurahan Penggilingan yang sudah menggunakan website, blog dan/atau media sosial untuk pemasaran telah mengalami peningkatan jumlah konsumen yang menunjukkan bahwa konten yang dibuat di website, blog dan/atau media sosial dapat menarik konsumen baru. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa inbound marketing merupakan hal yang cukup penting untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi pelaku UMKM fashion Kelurahan Penggilingan yang telah memanfaatkannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semnastek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) merupakan kumpulan paper atau artikel ilmiah yang telah dipresentasikan di acara Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang diadakan secara rutin tiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. ...