Jurnal CARE
Vol 4, No 2 (2017)

PENGGUNAAN METODE BERMAIN ALAT MANIPULATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK B TK ISLAM AR RIDLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mudji Astuti (TK Islam Ar Ridlo Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan alat bermain manipulatif dalam meningkatkan minat mengenal konsep bilangan siswa kelompok B tk Ar Ridlo  Kota Madiun. Metode bermain alat manipulatif adalah bermain yang melibatkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik. Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk bekerja pada keterampilan halus yang melibatkan sedikit kontrol lebih dan arah. Bermain manipulatif mengembangkan rasa koordinasi, menantang jari kecil mereka untuk mengikuti garis atau menggunakan alat-alat mereka benar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah trilinguasi peneliti dan trilinguasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Indikator penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah minat mengenal konsep bilangan pada siswa kelompok B dengan menggunakan metode bermain alat manipulatif. Penelitian ini berlangsung 2 (dua) siklus , hasil penelitian siklus I, rata-rata 68% anak dapat menghitung benda 1-10, naik menjadi 88% pada siklus II, terdapat 64% anak yang dapat menjumlahkan benda 1-10 pada siklus I, dan naik menjadi 84% pada siklus II

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...