Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. (2.) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model gotong royong bagi prestasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini jika guru menerapkan dengan motivasi dan kreativitas guru yang tinggi maka hasil belajar sains siswa akan mengalami peningkatan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Analisis data keberhasilan tes awal 39,38%, tes siklus I 61,89% dan tes siklus II 91,25%. Aktivitas guru dalam pembelajaran awal 70,83%, siklus I 70,83% dan siklus II 87,50%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00% siklus I 72,50% dan siklus II 96,25%. Angket respon siswa dari awal 1,20, siklus I 1,28 dan siklus II 1,77 dari uraian di atas dapat disimpulkan adanya peningkatan dan respon siswa tergolong positif.
Copyrights © 2014