Jurnal CARE
Vol 2, No 1 (2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG PENGEMBANGAN KOGNITIF PEMBAHASAN MENGENAL KONSEP SAINS BAGI SISWA TK DHARMA WANITA DESA DUWET KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2006/2007 MELALUI MOTIVASI DAN KREATIVITAS GURU

Minarsih Minarsih (TK DWP DUWET TULUNGAGUNG)
Isna Alfi (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1.) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. (2.)  Mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif model gotong royong bagi prestasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini  jika guru menerapkan dengan motivasi dan kreativitas guru yang tinggi maka hasil belajar sains siswa akan mengalami peningkatan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Analisis data keberhasilan tes awal 39,38%, tes siklus I 61,89% dan tes siklus II 91,25%. Aktivitas guru dalam pembelajaran awal 70,83%, siklus I 70,83% dan siklus II 87,50%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dari awal 55,00% siklus I 72,50% dan siklus II 96,25%. Angket respon siswa dari awal 1,20, siklus I 1,28 dan siklus II 1,77 dari uraian di atas dapat disimpulkan adanya peningkatan dan respon siswa tergolong positif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...