Jurnal CARE
Vol 4, No 2 (2017)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERLOMBAAN DI KELOMPOK B TK PERWANIDA KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Choiriyah Choiriyah (TK Perwanida Kota Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2017

Abstract

Keberhasilan pendidikan anak  usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidkan pada   jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada  masa itu mendapat  pendidikan  yang  tepat,  maka ia memperoleh  kesiapan  belajar  yang  baik  yang  merupakan  salah  satu  kunci  utama  bagi  keberhasilan  belajarnya  pada  jenjang  berikutnyaKondisi  yang  dianjurkan  para  pakar  pendidikan  untuk  melejitkan  kecerdasan  logis-matematis  adalah  menjadikan  anak  mencintai  matematika.  Mencintai  matematika  bagi  anak-anak   dengan  pendekatan  permainan   matematika  sesuai   dengan  tujuan  kurikulum   pendidikan  matematika  TK/RA.Untuk  meningkatkan  kemampuan  anak  mengenal  konsep  bilangan  dan  lambangnya,  maka  peneliti  mencoba  menggunakan  strategi  pembelajaran  melalui  kegiatan  perlombaan.  Hal  ini  dapat  menarik  minat  dan  semangat  belajar  anak   mengenal  konsep  bilangan  dan  lambangnya.  Setiap  konsep  bilangan  dan  lambangnya  yang  dipelajari,  disertai  gambar  yang  menarik  lalu  menyampaikan  atau  mengenalkannnya   kepada  anak.  Anak  menjadi  terkesan  dan  bersemangat   dalam  belajar.  Dengan  demikian,  anak  mudah  mengingat setiap  konsep  bilangan  dan  lambangnya  yang  dipelajari. Diharapkan  setelah  semua  konsep  bilangan  dan  lambangnya  dikenal,  memudahkan  anak  untuk  menghitung  pada   waktu  yang  akan  datang. PerlombaanTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk  meningkatkan  kemampuan  anak  mengenal  konsep  bilangan  melalui  perlombaan  pada  kelompok  B  di  TK Perwanida Josenan Kota Madiun.Dari hasil penelitian yang dilakukan Saat pra siklus. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 sebesar 60% meningkat pada siklus I sebesar 68%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada pra siklus sebesar 52% meningkat pada siklus II sebesar 64%. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 pada siklus I sebesar 68% meningkat pada siklus II sebesar 88%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 84%. Hal ini dapat dikatakan berhasil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...