Jurnal CARE
Vol 5, No 2 (2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA DEMANGAN KOTA MADIUN

Tutik Eko Wahyuni (TK Dharma Wanita Demangan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara metode bercerita denganmenggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicaraanak dan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode berceritadengan media buku cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK), tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasiaktivitas anak dan guru. Subjek penelitian yaitu kelompok B berjumlah 14 orang anakyang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Penelitian dilakukandalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa melalui metode bercerita dengan media buku cerita bergambar dalampembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Terbukti denganhasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75% atau nilairata-rata 4, yaitu pada hasil akhir di siklus kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicaraanak 4,25 atau dalam kriteria baik dan ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Dari hasilpenelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan metode bercerita dengan mediabuku cerita bergambar karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara padaanak usia dini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...