Jurnal CARE
Vol 6, No 1 (2018)

Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok

Ana Widyastuti (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2018

Abstract

Guru adalah pendidik yang sangat diperlukan dalam mengoptimalkan seluruh potensi anak didik, khususnya pengembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru dan hasilnya dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5- 6 tahun di sekolah Taman Kanak-kanak Assaadah, Limo Depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 2 orang guru dan hasil penilaian pengembangan Bahasa dari 15 anak yang berusia 5-6 tahun. Hasil observasi, wawancara dan data penilaian pengembangan Bahasa pada anak usia 5-6 tahun, peneliti menganalisis dan mendeskripsaikannya. Upaya guru dalam lingkup Pengembangan Bahasa yakni dengan menerapkan bentuk materi pembelajaran bahasa di kelas. Melalui penerapan materi pembelajaran tersebut, hasilnya dianalisis oleh peneliti dengan empat indikator penilaian bahasa anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya, upaya guru dalam mengembangkan Bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Assaadah sudah maksimal. Sedangkan hasil penelitian pengembangan Bahasa pada anak, sebagian besar telah optimal perkembangannya. Anak pada usia 5-6 tahun di TK Assaadah telah Berkembang Sesuai Harapan, bahkan Berkembang Sangat Baik meskipun masih sedikit anak pada penilaian Mulai Berkembang. Itu berarti masih diperlukan upaya guru dalam mengembangkan Bahasa anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...