Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 5, No 2 (2017)

Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Muhammad Syahrul Kahar (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong dengan penerapan assesmen portofolio. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 5 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam pembelajaran fisika yang menjadi perhatian, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Kelas D Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong yang berjumlah 30 orang. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk hasil belajar skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan assesmen portofolio dari 30 Mahasiswa pada Siklus I  adalah yang diperoleh sebesar 87,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,4 sedangkan pada siklus II sebesar 89,3 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10. Untuk hasil portofolio skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 82,7 dengan kategori tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,6 sedangkan pada siklus II sebesar 86,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,7. Partisipasi Mahasiswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini di lihat dari perhatian Mahasiswa dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengajukan pertanyaan, Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen, dan mahasiswa yang mengumpul tugas.

Copyrights © 2017