Proceeding SENDI_U
2019: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

PERENCANAAN LABA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS COST VOLUME PROFIT

Iswara, Ulfah Setia (Unknown)
Setyabud, Teguh Gunawan (Unknown)
Wahidahwati, Wahidahwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2019

Abstract

Untuk menaksir tingkat capaian laba yang ingin diharapkan perusahaan, dibutuhkan sebuahperencanaan laba yang baik. Upaya membuat perencanaan laba yang bermanfaat pada masa mendatang,diperlukan alat bantu yakni analisis biaya volume laba (Cost-Volume-Profit). Analisis CVP berfokus padaberbagai faktor yang mempengaruhi perubahan dalam komponen laba. Penelitian dilakukan pada usaha MacroCoffee Roastery yang berlokasi di Kabupaten Jember. Data yang digunakan berasal dari data-data keuanganperusahaan. Hasil analisis yang dilakukan pada Macro Coffee Roastery diperoleh margin kontribusi sebesarRp 107.462.500 dengan rasio margin kontribusi 52%. Titik impas sebesar Rp 27.692.300. Tingkat penjualansebesar Rp 205.073.400 berada di atas titik impas, sehingga penjualan yang dilakukan dikatakan mampu untukmenghasilkan laba yang maksimal. Batas pengaman (margin of safety) cukup tinggi sebesar 86,4%. Tingkatdegree of operating leverage perusahaan sebesar 1,15. Besarnya laba yang diharapkan untuk periode tahun2019 sebesar Rp 113.536.250, oleh karena itu perusahaan harus mampu mencapai target penjualan sebesar Rp246.031.250 untuk memperoleh laba yang telah direncanakan di tahun 2019.

Copyrights © 2019