Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan keterlambatanpengolahan informasi administrasi divisi udara domestik dan beban kerja kepala divisi udaradomestik yang lebih berat oleh karena perbedaan struktur organiasasi pada PT. X. PT. Xmerupakan perusahaan ekspedisi yang melakukan pengiriman melalui tiga divisi, yaitu darat,udara domestik, dan udara intnernasional. Selama ini, PT. X telah melakukan perbaikan untukmenyelesaikan kedua permasalahan tersebut, namun upaya tersebut belum berhasil. Untuk mencarisolusi penyelesaian perusahaan tersebut, harus dilakukan analisis dan pemahaman ataspermasalahan yang terjadi, sehingga didapatkan solusi penyelesaian masalah yang tepat. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan riset terapan yang bertujuan untukmemberikan solusi kepada PT. X mengenai perbaikan sistem informasi manajemen dan strukturorganisasi yang tepat, guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini menggunakandata primer berupa alur kerja, aliran informasi, penyebab permasalahan, dan kondisi internal daneksternal perusahaan, serta data sekunder berupa struktur organisasi perusahaan dan jobdescription. Dari hasil analisis, didapatkan tiga solusi yang dapat dilakukan oleh PT. X, yaitumenambah supervisor untuk administrasi divisi udara domestik, menambah bagian kredit danborderel invoice di kantor bandara, dan menginputkan data LPH berdasarkan pemilahan secarakredit atau kontan.
Copyrights © 2013