Kepuasan pasien terhadap pelayanan nifas yang dilaksanakan oleh bidan merupakan salah satu indikator untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling pada tanggal 15 Oktober – 15 November 2011 di ruang kebidanan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan sebanyak 32 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.Analisa data yang digunakan yaitu univariat dengan menggunakan distribusi frekuensi.Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak 23 responden (71,88%) memiliki kepuasan sedang, 6 responden (18,75%) mempunyai kepuasan tinggi, dan 3 responden (9,37%) mempunyai kepuasan sedang terhadap pelayanan postpartum yang diberikan bidan di ruang kebidanan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Postpartum, Ruang Kebidanan
Copyrights © 2012