Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penguasaan aspek-aspek life skills pada pembelajaran kimia pokok bahasan asam-basa dan untuk mengetahui hubungan life skill dengan prestasi belajar kimia siswa pada kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batauga. Sampel penelitian ini adalah 9 orang siswa dari kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batauga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase aspek-aspek life skill dalam pembelajaran kimia pokok bahasan asam basa kelas XI IPA2 di SMAN 1 Batauga Tahun Ajaran 2018/2019, antara lain personal skill sebesar 88,29% kategori baik, thinking skill sebesar 77,31% kategori baik, social skill sebesar 70,23% kategori cukup baik, academic skill sebesar 76,23% kategori baik, dan vocational skill sebesar 68,05% kategori cukup baik. Berdasarkan hubungan life skill dengan tingkat prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batauga bahwa life skill seseorang berpengaruh besar terhadap prestasi belajarnya.Kata Kunci :Life Skill, Asam-Basa, Prestasi Belajar
Copyrights © 2019