Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA 1 sebelum dan setelah diajar menggunakan model pembelajaran penemuan, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran penemuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui respon siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran penemuan pada materi pokok Laju Reaksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Pra-Eksperimen dengan One group Pretest Postest. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang siswa kelas XI MIA 1 MA Pesantren Ummushabri Kendari. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 sebelum dan setelah penerapan pembelajaran penemuan berturut-turut 31,25 dan 78,54. Penerapan model pembelajaran penemuan dalam proses pembelajan cukup efektif dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,69 masuk dalam kategori sedang. Dengan respon siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan tergolong dalam kategori baik sebesar 74,94. Keterlaksanaan pembelajaran terhadap guru dan siswa selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran penemuan tergolong baik dan mengalami peningkatan. Kata Kunci : Pembelajaran Penemuan, Laju Reaksi, Hasil Belajar.
Copyrights © 2019