Measurement : Jurnal Akuntansi
Vol 11, No 1 (2017): Volume 11 No,1 (Maret 2017)

PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN STATUS BEKERJA MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM)

Manurung, Dedi Matius P (Unknown)
Hamidi, Hamidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan status bekerja terhadap pemahaman akuntansi. Dengan menggunakan rumus dari Roscoe sampel yang digunakan sebanyak 45 responden. Data diperoleh dengan mengumpulkan data primer berupa kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan proportionate  stratified  random  sampling dan analisis data pada penelitian ini adalah model regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 18. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial latar belakang pendidikan, status bekerja berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Secara simultan, latar belakang pendidikan dan status bekerja berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Variabel independen mampu menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 55,6% sedangkan sisanya sebesar 44,4% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

measurement

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Measurement adalah Jurnal ilmiah Dosen di Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan ...