Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dan TPS terhadap hasil belajar kalkulus lanjut ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jenis penelitian eksperimen menggunakan desain faktorial. Instrumen pengumpulan data angket dan tes. Uji prasyarat analisis: uji normalitas, uji homogenitas dan uji independensi. Analisis data menggunakan teknik ANAVA dua jalan dengan frekuensi sel tidak sama dan uji dilanjut uji LSD. Hasil penelitian diperoleh (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa ditinjau dari motivasi belajar pada mahasiswa, (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa ditinjau dari model pembelajaran yang diterapkan pada mahasiswa, dan (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi antara motivasi belajar dan model pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa di program studi pendidikan matematika FKIP UAD Tahun Akademik 2017/2018. Beda rerata hasil belajar kalkulus lanjut untuk mahasiswa motivasi tinggi dengan sedang, motivasi belajar tinggi dengan rendah, dan motivasi belajar sedang dengan rendah beda reratanya tidak signifikan.
Copyrights © 2019