Informatika Mulawarman
Vol 14, No 2 (2019): Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer

Evaluasi Teknik Penyadapan Lalu Lintas Data Dengan Session Hijacking Pada Protokol HTTP

Rizal Munadi (Program Studi Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala)
Mirza Purnandi (Program Studi Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala)
Teuku Yuliar Arif (Program Studi Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2019

Abstract

Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) merupakan protokol jaringan aplikasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web. Kerentanan protokol ini yang mengekspoitasi web server secara tidak aman, memberikan peluang peretas untuk melakukan serangan, salah satunya dengan serangan session hijacking. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan survei kerentanan terhadap session hijacking dengan menguji beberapa web. Untuk mendapatkan data, maka digunakan Wi-fi UC browser untuk membaca lalulintas data protokol jaringan HTTP yang sedang dibuka oleh pengguna. Dalam pengujian diperoleh cookies yang digunakan oleh pengguna. Informasi session id yang terekam dalam penyadapan, dapat disalahgunakan oleh attacker untuk melakukan tindakan illegal. Hasil penelitian menunjukkan kelemahan pada protokol jaringan HTTP yang rentan terhadap penyadapan lalulintas data dengan cara penyerangan session hijacking. Untuk mengatasi kelemahan ini, dapat digunakan metode pengacakan seperti algoritme Fisher-Yates shuffle atau pun algoritme Linear Congruent Method yang dapat meningkatkan keamanan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal Informatics Mulawarman Is a means for researchers in the field of computer science to publish his research works. First published in 2007 with a two-yearly published period in February and September. Editorial Board Informatika Mulawarman consists of lecturers of computer science in the ...