SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 3, No 2 (2018): Edisi Oktober 2018

INVESTIGASI KEMAMPUAN REPRESENTASI GRAFIK MAHASISWA FISIKA PADA KONSEP HUKUM NEWTON

Masrifah Masrifah (Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unkhair)
A. Setiawan (Sekolah Pasca Sarjana,Universitas Pendidikan Indonesia)
P. Sinaga (Sekolah Pasca Sarjana,Universitas Pendidikan Indonesia)
W. Setiawan (Sekolah Pasca Sarjana,Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Representasi sangat berperan dalam upaya mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan pemahamanmahasiswa.Perangkat representasi mencakup jenis-jenis modus representasi diantaranya: teks, matematik, grafik, table, diagram pictorial, diagram batang, gambar, free body diagram, diagram skema dan lain sebagainya. Pemilihan bentuk representasi yang akan digunakan tergantung pada sifat dari informasi yang diwakili dan harus disediakan.Representasi grafis penting dibekalkan dalam proses pembelajaran fisika, baik di dalam kelas atau di laboratorium karena mahasiswa harus terampil membuat dan menginterpretasi grafik karena kemampuan representasi grafik merupakan salah satu keutamaan dalam keterampilan proses sains. Oleh karena itu studi tentang kemampuan representasi grafik penting dilakukan sebagai bahan acuan dalam membekalkan keterampilan tersebut. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi grafik mahasiswa Fisika pada konsep hukum Newton. Partisipan dalam penelitian iniyakni, 30 mahasiswa Fisika di salah satu perguruan tinggi di propinsi Maluku Utara yang terdiri-dari 13 pria dan 17 wanita.Adapun instrumen yang digunakan untuk menginvestigasi kemampuan representasi grafik mahasiswa Fisika adalah soal tes representasi pada materi hukum II Newton yang telah divalidasi oleh lima ahli di bidang Fisika. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi mahasiswa Fisika pada materi hukum II Newton masih tergolong rendah. Dari hasil tersebut dapat diidentifikasi bahwa mahasiswa Fisika masih mengalami kesulitan dalam memahami makna kesebandingan dari persamaan matematis terkait hubungan antara percepatan dan massa sebuah benda.  Selain itu, kemampuan representasi grafik antara mahasiswa laki-laki dan perempuan tidak mengalami perbedaan yang signifikan.Kata Kunci: Representasi, Grafik, hukum Newton.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...