Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara bersama-sama ataupun sebagian pada bimbingan belajar tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus cikarang bekasi secara parsial dan simultan. Sumber data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan pada pelanggan dengan jumlah sampel 50 orang yang terdiri dari orang tua siswa, siswa, guru dan alumni sekolah. Pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengolahan uji t dapat disimpulkan bahwa bahwa ada pengaruh secara parsial antara variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy terhadap kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus dan hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy terhadap kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khususb cikarang bekasi. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa varibel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel reliabelity (kehandalan) dengan koefisien 0,424 Uji R2 (R Square) didapatkan hasil sebesar 0.775 atau 77,5 % yang berarti bahwa kepuasan pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus dipengaruhi oleh variabel tangible, reliabelity, responsible, assurance, empathy sebesar 77,5%. Dan faktor lain yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada pelanggan tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus . sebesar 5,6%. diharapkan sekolah tersebut
Copyrights © 2019