Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi
Vol 1, No 1 (2016): Keberlanjutan

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN PEMBIAYAAN BERMASALAH TERHADAP PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK.

Husnul Khotimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari dana pihak ketiga dan pembiayaan bermasalah terhadap pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisa kuantitatif, dimana metode analisis data yang digunakan sudah jelas, yaitu diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau hipotesis menggunakan metode statistik yang sudah tersedia dan penulis menggunakan data berupa laporan simpanan dan kolektabilitas pembiayaan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Dari hasil penelitian ini perkembangan dana pihak ketiga dan pembiayaan bermasalah setiap tahunnya meningkat sedangkan pembiayaan mudharabah mengalami kenaikan dan penurunan yang fluktuatif. sedangkan untukpengaruh dana pihak ketiga dan pembiayaan mudharabah diperoleh hasil uji korelasi sebesar –-0,016 dengan hasil signifikansi uji t 0,654, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara dana pihak ketiga terhadap pembiayaan mudharabah PT. Bank Muamalat Indonesia,Tbk. Sedangkan untuk pengaruh pembiayaan bermasalah dan pembiayaan mudharabah diperoleh hasil korelasi sebesar -0,223 dengan hasil signifikansi uji t sebesar 0,596 maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara pembiayaan bermasalah terhadappembiayaan mudharabah diperoleh hasil uji korelasi 0,045 dengan hasil uji F sebesar 0,196. Dari perhitungan tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari dana pihak ketiga dan pembiayaan bermasalah terhadap pembiayaan mudharabah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk.in;line-height:normal;mso-layout-grid-align:none; text-autospace:none'>These results indicate that the deferred tax expense, profitability and tax planning have a significant effect simultaneously on earnings management. The test results only partially profitability has a significant effect on earnings management. However, the deferred tax expense and tax planning does not have a significant effect on earnings management. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

keberlanjutan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi is a Scientific Journal published by Universitas Pamulang, containing writings in the fields of management and accounting. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen dan Jurnal Akuntansi is published twice a year, in July and December. The editor invited ...