JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 1, No 2 (2016)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PACE PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Jajo Firman Raharjo (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unswagati)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

Pembelajaran merupakan faktor yang esensial dalam mencapai tujuan pendidikan. Sudah seharusnya merupakan proses yang mengantisipasi dan pengupayaan perbaikan mutu di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dengan model Project, Activity, Cooperative and Exercise (PACE) yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Selain itu, juga untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap kemampuan berpikir aljabar dengan pendekatan saintifik model PACE.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berbentuk pre-experimental design dengan one group pretest-postest.Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang digunakan untuk mengukur keefektifan pendekatan saintifik model PACE untuk mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar matematis pada mata kuliah struktur aljabar. Disamping itu juga diberikan lembar pengamatan keaktivan dan kemandirian belajar mahasiswa. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Ketuntasan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model PACE dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar, 2) Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik model PACE efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir aljabar dan kemandirian belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar dan 3) keaktifan, kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir aljabar mahasiswa pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik model PACE  mata kuliah struktur aljabar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...