Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia
JATI Vol 2, No 2: October 2019

Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Peningkatan Pendapatan Mustahik Melalui Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI)

Muzdalifah, Nazia Nadia (Unknown)
Sulaeman, Sulaeman (Unknown)
Kartini, Tina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Peningkatan Pendapatan Mustahik Melalui Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi (BUMI) di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendayagunaan zakat produktif melalui program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi dalam peningkatan pendapatan mustahik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengolahan data dengan cara deskriptif analisis yaitu suatu teknis penulisan dengan memaparkan semua data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan bahan pustaka dan menganalisisnya dengan berpedoman sumber tertulis. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sukabumi melakukan penyaluran dan pendayagunaan dana ZIS dengan membuat program-program pemberdayaan masyarakat. Program Bangkit Usaha Mandiri Sukabumi sudah berjalan efektif, terbukti dengan tercapainya tujuan dari program tersebut yaitu untuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan mustahik, dan peningkatan dari segi sosial dan keagamaan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia focuses on the research and research review related to accounting that are conducted using case study approach. JATI focuses related on various themes, topics and aspects of accounting and ...