Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 52, No 1 (2017): NOVEMBER

ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE (Studi Pada Konsumen “Z”)

Anang Sugara (Unknown)
Rizki Yudhi Dewantara (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

This study aims to determine and analyze 1) the belief effect on the use of online trading transaction system (Study on Consumer "Z") 2) satisfaction affect the use of online transactional trading system (Study On Consumer "Z") 3) trust and satisfaction effect simultaneously on the use of transactional system of online sale (Study On Consumer "Z"). The population in this study are consumers who conduct transactions through e-commerce with the amount that can not be known for certain. Data analysis used in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The conclusion of the research results as follows: 1) Trust affects the use of online buying and selling transaction system on Consumer "Z". The results of the analysis can be seen that "Z" is a buying and selling site that should give priority to consumer confidence in order to support transactions made by consumers. 2) Satisfaction affect the use of transactional trading system. ". The results of the analysis can be seen that "Z" is a buying and selling site that must provide assurance of customer satisfaction so that it can support consumers to conduct transactions online. Keywords: Trust, Satisfaction and Usage of Buy and Sell Transaction System Online ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online (Studi Pada Konsumen “Z”) 2) kepuasan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online (Studi Pada Konsumen “Z”) 3) kepercayaan dan kepuasan berpengaruh secara simultan terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online (Studi Pada Konsumen “Z”). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi melalui e-commerce dengan jumlah yang tidak dapat diketahui secara pasti. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kepercayaan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli online pada Konsumen “Z”. Hasil analisis dapat diketahui bahwa “Z” merupakan situs jual beli yang harus mengutamakan kepercayaan konsumen sehingga dapat mendukung transaksi yang dilakukan oleh konsumen. 2) Kepuasan berpengaruh terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli.”. Hasil analisis dapat diketahui bahwa “Z” merupakan situs jual beli yang harus memberikan jaminan kepuasan konsumen sehinga dapat mendukung konsumen untuk melakukan transaksi secara online. Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan dan Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online

Copyrights © 2017