Al-I´lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 1, No 2 (2018): Maret

Gejala Media Sosial Twitter Sebagai Media Sosial Alternatif

Irfani Zukhrufillah (Universitas Gajayana Malang)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2018

Abstract

Abstrak: Kajian ini tertujuan untuk mengetahui sejarah perkembangan teknologi komunikasi hingga memasuki era digital dan social media. Terlebih media social twitter yang perkembangannya pesat dan pengguna di Indonesia pun mengalami kenaikan yang semakin signifikan. Kajian ini menggunakan landasan teori peluru dan agenda setting. Hasilnya dapat dilihat bahwa dari gejala-gejala yang muncul, dapat dikatakan bahwa twitter menjadi media alternative setelah para pendahulunya seperti radio, televisi dan koran. Penyebutan sebagai media alternatif ini bukan tanpa bukti. Para penggunanya yang semakin besar juga diwujudkan dalam keaktifan mereka dalam mentweet kegiatan sehari-hari. Bahkan tidak jarang para follower mengetahui berita tentang seseorang dari twitter. Para pengguna juga semakin berlomba mendapatkan follower demi verifikasi yang dilakukan oleh twitter sendiri. Abstract :   This study aims to know the history of the development of communication technology in arrival of digital and social media era. Moreover social media twitter that has develop faster and users in Indonesia also increase significantly. This study uses a bullet theory and agenda setting. The results can be seen that from the symptoms that appear, it can be said that twitter became an alternative media after its predecessors such as radio, television and newspapers. The mention of this alternative medium is not without evidence. The larger users are also embodied in their activities in tweeting their daily activities. In fact, not infrequently the follower knows news about someone from twitter. The users are also increasingly competing to get follow-up follower by the twitter itself.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jail

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Komunikasi dan Dakwah merupakan isu yang saban hari semakin "panas". Komunikasi selalu menjadi panas karena isu-isu besar hari-hari ini muncul karena ulah. Komunikasi baik media, komunikator maupun konten komunikasi itu sendiri. Manakala dakwah merupakan "program agama" yang tidak mungkin lepas dari ...