Jurnal Planoearth
Vol 4, No 2: Agustus 2019

Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam dan Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang

Tri Putri Rahmatillah (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Osy Insyan (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Nurafifah Nurafifah (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Fariz Primadi Hirsan (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Pengembangan  desa  wisata  berdasarkan  budaya  dan  potensi  alam  berkembang pesat di Indonesiadan memberikan pemasukan besar bagi pembangunan. Salah satudesa yang  berpotensi  dikembangkan  sebagai  desa  wisata  adalah  Desa  Sangiang,  Kecamatan Wera,  Kabupaten  Bima,  Provinsi  Nusa  Tenggara  Barat. Penelitian ini  bertujuan  untuk mencari  tahu mengenai  permasalahan  mendasar  terkait  pengembangan  desa  wisata  alam dan budaya di Desa Sangiang serta upaya mengatasi permasalahan tersebut, mencari tahu sejauh  mana  peranan  dari  masyarakat  Desa  Sangiang  dalam  mendukung  pengembangan desa  wisata  Sangiang  dan  pada  akhirnya  dari  penelitian  ini  diharapkan  dapat  menemukan strategi  pengembangan  desa  wisata  berbasis  wisata  alam  dan  budaya  sebagai  media promosi  Desa  Sangiang.Adapun metode  yangdigunakan  dalam  analisis  adalah  deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dari penelitian ini ditemukan bahwapermasalahan dasar yang menghambat  pengembangan  wisata  di  Desa  Sangiang berupa  pelayanan  sarana  dan prasarana  yang  belum  maksimal. Di  sisi  lain  kekuatan  yang  dimiliki  Desa  ini  dalam mengembangkan   wisata   adalahmasyarakat   setempat   sudah   ikut   berperan   dalam pengembangan  desa  wisata. Setelah  dilakukan  analisis,  strategi  yang  dapat  dilakukan dalam  mengembangkan Desa  Wisata  Sangiang  yaitu  peningkatan  kualitas  pelayanan sarana prasarana, menjaga dan melestarikan potensi wisata, meningkatkan promosi wisata, dan mengemas seluruh potensi wisata menjadi kesatuan paket wisata

Copyrights © 2019