Tarbiyatuna
Vol 6 No 2 (2015)

Signifikansi Sunnah Nabi Dalam Kurikulum Pembinaan Kepribadian Anak (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam)

Mawardi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2015

Abstract

Sunnah Nabi dalam belbagai karakteristiknya mempunyai ?energi? yang kuat dalam membentuk keteladanan umat manusia. Di sini sunnah Nabi sebagai spirit yang memberi nuansa proses pendidikan yang berhubungan dengan afeksi manusia khususnya anak didik dalam berperilaku sehari-hari, hal ini menggambarkan bahwa sunnah Nabi harus dipahami sebagai keseluruhan kepribadian Nabi & akhlak Beliau, karena sasaran peneladanan tidak lain adalah sunnah Nabi sendiri. Kondisi, ragam, kualitas kejiwaan dan situasi lingkungan merupakan penentu dalam mempengaruhi kepribadian anak didik, maka di sini sunnah Nabi menjadi standar utama psikologi pendidikan Islam, apalagi dalam menanamkan makna sunnah Nabi dalam kehidupan anak didik memerlukan metode pembiasaan sehingga membekas dalam pribadinya. Proses pembiasaan dalam kajian Psikologi Pendidikan Islam melalaui law enforcement, yang meliputi classical conditioning (pembiasaan klasik), law of effect (hukum akibat), operant conditioning (pembiasaan operan), dan modeling (peneladanan). Tentunya hal ini akan membentuk karakteristik tertentu untuk memenuhi unsur kognitif, afektif dan psikomotor, jika penerapannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak didik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal Tarbiyatuna contains scientific articles and research results in the field of Islamic education include; Islamic Education Thought, Islamic Education Management, Islamic Education Policy, Issues of Islamic Education, Islamic Education Philosophy, Basic Islamic Education, Islamic Religious ...