Tarbiyatuna
Vol 6 No 1 (2015)

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Image Streaming Di MI Salafiyah Prapak Temanggung

Fiftiyani, Asi Eka (Unknown)
Oktradiksa, Ahwy (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Image Streaming dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V MI Salafiyah Prapak Kranggan. Subyek penelitian ini adalah siswa MI Salafiyah Prapak Kranggan yang berjumlah 210 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas V berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yakni dengan melakukan tindakan berupa penggunaan metode Image Streaming dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus yang diawali dengan melaksanakan pre test guna mengetahui hasil kemampuan menulis puisi sebelum digunakan metode Image Streaming. Pelaksanaan metode Image Streaming berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Hal ini nampak pada langkah-langkah pelaksanaannya, yaitu dimana guru memberikan contoh membuat puisi dengan tema pengalaman pribadi melalui imajinasi, kemudian siswa memperhatikan dan membuat puisi berdasarkan pengalaman pribadi dengan berimajinasi. Setelah itu, siswa aktif saat kegiatan belajar di kelas. Selain itu empat tahap tiap-tiap siklus pun bisa berjalan dengan baik, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model persentase. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I (69) sedangkan pada siklus II (76), dan siklus III (86). Peningkatan juga nampak dari presentase siswa yang mendapat nilai KKM, pada siklus I yang memperoleh KKM 64%, pada siklus II mencapai 88%, dan siklus III 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Image Streaming dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Salafiyah Prapak tahun pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal Tarbiyatuna contains scientific articles and research results in the field of Islamic education include; Islamic Education Thought, Islamic Education Management, Islamic Education Policy, Issues of Islamic Education, Islamic Education Philosophy, Basic Islamic Education, Islamic Religious ...