IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 3 (2019): IKRAITH-HUMANIORA VOL 3 NO 3 Bulan November 2019

MODEL KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 9 JAKARTA

Hadi, Meutia (Unknown)
Sovitriana, Rilla Sovitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengankemandirian belajar pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. Penelitian menggunakan metodekuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan sampel sebanyak136 siswa. Pengambilan data menggunakan skala Likert terdiri dari skala kemandirian belajar, skala motivasibelajar, dan skala dukungan sosial orangtua dengan menggunakan program SPSS 22.00 for windows. Hasilanalisis teknik bivariate correlation menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antaramotivasi belajar dengan kemandirian belajar dimana koefisien korelasi (rx1y) = 0,385 serta adanya hubunganyang signifikan dengan arah positif antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar dimanakoefisien korelasi (rx2y) = 0,202. Selanjutnya uji hipotesis teknik multivariate correlation menunjukkan adahubungan yang signifikan dengan arah positif antara motivasi belajar dan dukungan sosial orangtua dengankemandirian belajar dengan R sebesar 0,416. Sumbangan efektif antara motivasi belajar dan dukungan sosialorangtua dengan kemandirian belajar sebesar 17,3% sedangkan 82,7% merupakan sumbangan dari faktor lainyang tidak diteliti.

Copyrights © 2019