Pesatnya pertumbuhan bisnis hotel telah menghasilkan tingkat persaingan yang tinggi antarahotel. Hotel murah adalah pilihan dalam memperjuangkan persaingan bisnis. Analisis dalampenelitian ini menggambarkan faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhipenentuan strategi bisnis manajemen hotel murah. Kemampuan strategis yang digunakan olehbudget hotel dalam meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan antara budget hoteldi area Kemang Jakarta Selatan. Tahapan penelitian; dengan pengamatan awal melaluiperbandingan dari empat hotel melati yang ada di Area Kemang, hotel "F" dipilih, karenakeunggulannya dalam penjualan dan hunian. Kemudian melalui pendekatan SWOTdikombinasikan dengan analisis EFAS dan IFAS. Hasil penelitian; memperoleh skor untukEFAS, Peluang (Opportunity) = 1.55; Ancaman (Ancaman) = 0,9; sedangkan skor untuk IFAS,Strength (Strength) = 1.80 Weakness = -0.5.
Copyrights © 2019